Topik Riset FAV untuk Tahun 2022


Riset Tugas Akhir / Capstone Project akan dikerjakan di Universitas Telkom. Jika Anda bersedia mengerjakan Tugas Akhir / Capstone Project di Bandung, dipersilahkan mengambil topik berikut:

  1. Topik Kriptografi dan Steganografi: (1) Steganograpfi pada QR code untuk melindungi printed QR Code dari pemalsuan serta (2) error correction pada QR code untuk meningkatkan ketahanan saat gambar QR code ada yang hilang. (3) Traffic-aware encryption-decryption in IoT.
  2. Keamanan Jaringan: (1) Traffic-aware SDN untuk aplikasi network slicing, (2) Network forensics pada SDN menggunakan open-source IDS (Suricata, Snort, dan OPNsense) dan machine learning (3) steganografi pada SDN untuk menyembunyikan komunikasi antara control plane dan data plane, (4) Frequency Hoping pada LoRa, (5)
  3. Topik Smart Farming (alat harus jadi dan siap dipakai petani bukan dirangkai di breadboard serta mahasiswa harus ke lapangan dan banyak berdiskusi dengan petani mitra): (1) Perangkat pemantau kualitas tanaman kopi dan hortikultura, (2) Perangkat sampling klasifikasi varietas padi di sawah
  4. Topik Smart City (alat harus jadi dan siap dipakai masyarakat bukan dirangkai di breadboard serta mahasiswa harus ke lapangan dan banyak berdiskusi dengan mitra): (1) Sistem pendeteksi ketepatan bacaan Qur’an, (2) sistem untuk mitigasi bencana banjir, longsor, dan gempa bumi, (3) Dashboard pengelolaan data sensor Smart City

Leave a Reply